Edi Rusyandi Optimis Petani Indonesia Akan Sukses, Ini Syaratnya

Ang Rifkiyal
Edi Rusyandi Optimis Petani Indonesia Akan Sukses, Ini Syaratnya

Pembangunan di sektor pertanian pada era digital 4.0 saat ini, memerlukan dukungan dari SDM yang maju, mandiri, dan moderen.


Perkembangan teknologi semakin fleksibel, sehingga dapat digunakan dalam berbagai hal, termasuk sektor pertanian.


"Tentunya hal tersebut bisa didapatkan dari bangku pendidikan vokasi atau pendidikan penguasaan keahlian terapan tertentu," ujar Edi Rusyandi, Anggota Komisi II DPRD Provinsi Jawa Barat (Jabar), Selasa (7/12/2021).


Ditambahkannya, pengembangan pendidikan vokasi adalah cikal bakal lahirnya para petani milenial.


"Karena fokus mempelajari keterampilan atau keahlian tertentu, maka para lulusan vokasi akan lebih siap memasuki praktek kerja lapangan," tutur Edi.


Menurut Edi, tinggi rendahnya pendidikan tak selalu menjadi penentu kesuksesan seseorang, hal tersebut juga berlaku untuk para lulusan vokasi.


"Para lulusan vokasi sudah dibekali dengan keahlian selama kuliah. Dengan begitu, peluang kesuksesannya tidak akan kalah dengan mahasiswa lulusan strata 1," kata dia.


Dikutip dari laman resmi Kementerian Pertanian Republik Indonesia (Kemenpan-RI), menunjukkan, bahwa sektor pertanian mengisi sebanyak 27,56% dari total tenaga kerja Indonesia atau 36,12 juta orang.


"Peran petani milenial penting sekali, sebab mereka memiliki jiwa yang adaptif dalam pemahaman teknologi digital, sehingga tidak terlalu kaku dalam melakukan identifikasi dan verifikasi teknologi," pungkasnya.

___

Sumber: Bangbara.com 7 Des 2021